Sabtu, 10 September 2011

Pemerintah Tambah Pasokan Daging Lebaran 7 Ribu Ton



Kementerian Pertanian memastikan pasokan dagingdan telur ayam menjelang puasa dan Lebaran aman dan tidak ada lonjakan harga yang tinggi.
“Stok ayam dan telur sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari,” ujar Menteri Pertanian Suswono usai Rapat Pemantauan Ketersediaan dan Harga Pangan Dalam Rangka Menghadapi Hari-Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HKBN) tahun 2011/2012 di Jakarta.
Tentang pasokan daging sapi selama puasa hingga Lebaran, kata Mentan ada cadangan sapi bakalan sebesar 150 ribu ekor. Kebutuhan sapi bakalan untuk pemotongan setiap bulannya mencapai 50 ribu ekor. Dengan demikian, bisa memenuhi kebutuhan masyarakat selama tiga bulan ke depan. “Kalau terjadi peningkatan harga saya kira permainan pedagang saja,” imbuh Suswono.
Suswono menambahkan, untuk kebutuhan daging sapi pemerintah juga sudah membuka keran impor khusus untuk hari raya Idul Fitri, Natal, hingga Tahun Baru. Rencananya, pemerintah akan mengimpor 28 ribu ton daging sapi.
Suswono meyakini stok untuk daging dinilai masih cukup selama puasa dan Lebaran. “Umumnya pada H-3 (tiga hari sebelum Lebaran) mulai ada kenaikan, tetapi setelah hari H turun lagi,” katanya.
Pada saat ini, menurut dia, harga daging sapi mengalami kenaikan sekitar 1,9 persen dibanding harga bulan Juni. Sedangkan harga pada pekan kedua Juli 2011, mengalami kenaikan hanya sekitar 0,5 persen bila dibanding dengan pekan kedua bulan Juni.
"Kenaikan ada, tetapi relatif kecil," katanya. Mentan juga menambahkan, pemerintah berkomitmen untuk memprioritaskan penyediaan daging sapi dari produksi dalam negeri, tetapi bila tidak tercukupi maka akan dicukupi dengan melakukan impor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR

Pembukaan Padang Penggembalaan(Lelang Ulang)

Informasi Lelang Kode Lelang 2903212 Nama Lelang Pembukaan Padang Penggembalaan (Lelang Ulang) Alasan Pembatalan tidak...