Rabu, 27 Februari 2013

Mentan: Pejabat Baru Harus Bekerja Untuk Kemandirian Pangan dan Kesejahteraan Petani


(gambar dari detik.com)
 
Jakarta – “Sehubungan dengan etos kerja Kementerian Pertanian saat ini, saya meminta seluruhjajaran Kementerian Pertanian khususnya para pejabat baru melaksanakan Makna BekerjaKementan yakni mengabdi untuk kemandirian pangan dan kesejahteraan petani serta menjunjung tinggi nilai–nilai dasar  Kementerian Pertanian,” demikian dikatakan Menteri Pertanian, Dr. Ir. Suswono, MMA saat melantik 23 pejabat struktural Eselon II Kementerian Pertanian di Jakarta (Selasa, 12/2/2013).
 
Mentan mengatakan, pelantikan kali ini memiliki catatan tersendiri, karena dilakukan 1,5 tahun menjelang berakhirnya masa kerja Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II pada tahun 2014. “Masa orientasi tugas Saudara sangat singkat. Di sisi lain kita dihadapkan pada tantangan ke depan yang semakin berat untuk mencapai target tersebut, yang memerlukan peningkatan kinerja yang lebih tinggi,” katanya.
 
Untuk itu diperlukan sikap profesionalisme para pejabat baru sebagai bentuk janji pada tugas dan kewajiban yang diemban. ”Baru saja Saudara menandatangani Pakta Integritas yang merupakan janji yang kuat pada diri sendiri untuk bersikap profesional, disiplin, berlaku jujur, dan akuntable dalam melaksanakan fungsi tanggung jawab dan wewenang. Oleh karena itu saya berharap agar saudara memenuhi janji tersebut,” jelas Mentan.
 
Pada kesempatan tersebut, dijelaskan juga bahwa pelantikan pejabat struktural merupakan suatu peristiwa biasa dalam organisasi. Sebab sebagaimana diketahui, masa bhakti Pegawai Negeri Sipil (PNS) telah ditetapkan dalam peraturan perundang –undangan yang mengatur batas usia pensiun (BUP) yakni 56 tahun, dan bagi pejabat struktural eselon II dapat diperpanjang setelah melalui proses di Badan Pertimbangan Jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) dengan tetap mempertimbangakan kinerja dan kompetensi yang dimiliki.
 
”Harus kita pahami bersama, jabatan bukan merupakan hak, akan tetapi merupakan amanah dari Allah SWT. Sehingga harus selalu siap untuk dievaluasi dan siap untuk purnabhakti apabila telah memasuki batas pensiun,” kata Mentan.
 
Dilanjutkan Mentan, penggantian pejabat struktural juga mencerminkan adanyadinamika organisasi untuk menghadapi tantangan lingkungan strategis yang terus berubah dan tuntutan masyarakat yang terus meningkat. ”Kita tidak bisa hanya menjalani tugas jabatan dengan cara kerja biasa tetapiharus berprestasi mengingat tantangan ke depan kita akan menghadapi tahun – tahunyang cukup berat. Musuh utama ekonomi nasional kita adalah kekurangan pangan dan inflasi.Kita harus mengambil peran dan tanggung jawab terhadap ketahanan pangan kita,” katanya.
 


 sumber : http://www.deptan.go.id/news/detail.php?id=1086&awal=0&page=&kunci=

Motto BPTU Sembawa:"Bibit Unggul Peternak Makmur"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR

Pembukaan Padang Penggembalaan(Lelang Ulang)

Informasi Lelang Kode Lelang 2903212 Nama Lelang Pembukaan Padang Penggembalaan (Lelang Ulang) Alasan Pembatalan tidak...