Sabtu, 01 Maret 2014

Ragam Pakan Alternatif

Target swasembada daging 2014 kini bukan lagi menghitung waktu tahun, tapi bulan. Dengan waktu yang tersisa memang tidak mudah bagi pemerintah mengejar target tersebut. Banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan.

Niatan pemerintah menca­pai swasembada daging tersebut, tak lepas dari dukungan ketersediaan pakan ternak. Pemerintah dalam hal ini Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan telah menetapkan sasaran atau target pengembangan pakan ternak (2011-2014).

Ada beberapa sasaran. Di antaranya, pertama, peningkatan produksi bahan pakan lokal, melalui pengembangan unit usaha bahan pakan (UBP) sebanyak 33 unit. 

Kedua, pengembangan hijauan pakan ternak (HPT) melalui pengembangan kelompok integrasi sebanyak 536 unit, pengembangan sumber benih/bibit HPT sebanyak 11 UPT, 103 buah UPTD dan 142 kelompok, fasilitasi penguatan kawasan penggembalaan pada 25 provinsi dan pemanfaatan lahan hutan bagi 90 kelompok sapi potong.

Ketiga, pengembangan unit pengolah pakan sebanyak 470 unit, lumbung pakan 164, unit dan fasilitasi untuk bimbingan teknologi pakan pada 32 provinsi. Keempat, pengembangan standar mutu pakan 20 buah, pengawasan mutu pakan di 33 provinsi dan pengembangan enam laboratorium pakan daerah.

Dari beberapa sasaran tersebut, ada satu hal yang bisa menjadi persoalan di lapangan yakni pembuatan pakan ternak di tingkat peternak. Informasi cara mudah pembuatan pakan ternak yang kaya nutrisi untuk sapi potong menjadi sangat dinantikan peternak. 

Terbatasnya lahan pertanian terutama untuk pakan ternak membuat Direktorat Pakan Ter­nak, Direktorat Jenderal  Peter­nak­an  dan Kesehatan Hewan (Dit­­jen PKH) Kementerian Per­ta­nian  harus memutar otak da­lam penyediaan pakan ternak. Pakan ternak juga menjadi kunci suksesnya swasembada daging 2014.

“Keterbatasan lahan membuat kami harus memanfaatkan segala jenis lahan untuk pengembangan pakan ternak, termasuk lahan kritis dan sub optimal,” kata Direktur Pakan Ternak Ditjen PKH  Kementan, Mursyid Ma’sum.

Source: http://tabloidsinartani.com/read-detail/read/ragam-pakan-alternatif/

Motto BPTU Sembawa:"Bibit Unggul Peternak Makmur"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR

Pembukaan Padang Penggembalaan(Lelang Ulang)

Informasi Lelang Kode Lelang 2903212 Nama Lelang Pembukaan Padang Penggembalaan (Lelang Ulang) Alasan Pembatalan tidak...