Sabtu, 02 Maret 2013

Rencana KAI angkut sapi


Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat ini sedang mematangkan rencana membawa daging sapi beku menggunakan kereta. Produk olahan sapi itu akan diangkut menggunakan kereta khusus dari sentra-sentra penghasil sapi di Jawa Timur dan Jawa Tengah ke DKI Jakarta.

Hal ini dilakukan agar distribusi daging sapi klasifikasi prime atau kualitas nomor satu bisa cepat sampai di pusat kebutuhan tertinggi yakni DKI. Namun, sebelum diangkut, sapi terlebih dahulu dipotong di rumah potong hewan langsung di sentra penghasil kemudian baru diangkut menggunakan kereta.

"Sapi dari mana-mana (sentra), ada titik-titiknya dari Jateng dimana dan Jatim di mana untuk dikirim ke Jakarta," tutur Kepala Humas KAI, Mateta Rijalulhaq kepada detikFinance, Sabtu (2/3/2013).

Mateta menjelaskan, proses pengangkutan daging menggunakan kereta khusus ini, sekarang masih dalam tahap pematangan konsep bersama Kementerian Pertanian (Kementan). Mateta juga belum berani menyebut besaran tarif dan kapasitas daya angkut kereta karena masih dalam tahap pengkajian sebelum resmi diterapkan.

"Baru sebatas pembahasan dulu. Terakhir itu sapi yang sudah dipotong dan sudah bersih yang diangkut (daging)," tambahnya.

Pada kesempatan itu, Mateta menegaskan kereta atau gerbong khusus angkutan daging ini, tidak akan dicampur dengan angkutan penumpang.

"Sekarang enggak ada lagi campuran. Ini kereta khusus mengangkut daging. Jadi gerbong khusus dengan pendingin," cetusnya.


Motto BPTU Sembawa:"Bibit Unggul Peternak Makmur"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR

Pembukaan Padang Penggembalaan(Lelang Ulang)

Informasi Lelang Kode Lelang 2903212 Nama Lelang Pembukaan Padang Penggembalaan (Lelang Ulang) Alasan Pembatalan tidak...