Jumat, 20 Januari 2012

STPP Gowa Membuka Program Studi Karantina Hewan dan Tumbuhan

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Gowa Sulawesi Selatan mulai tahun ajaran 2011/2012 membuka dua program studi baru yakni program studi perkarantinaan hewan dan program studi (prodi) perkarantinaan tumbuhan.
Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian Ato Suprapto mengatakan selain membuka prodi baru karantina, tujuh STPP yang dimiliki Kementan juga membuka prodi baru lainnya, di antaranya adalah prodi pengawasan mutu benih, prodi pengawasan mutu bibit, pengawas mutu pakan dan prodi pengamat organisme pengganggu tanaman (POPT).
Pembukaan prodi baru itu lanjut Ato Suprapto untuk menyediakan tenaga fungsional rumpun hayati SDM pertanian yang sangat diperlukan untuk mendukung pencapaian 4 sukses pembangunan pertanian.
Menurutnya ada dua syarat untuk mewujudkan 4 sukses pembangunan pertanian. Pertama, Adanya teknologi spesifik lokasi yang bisa meningkatkan produksi, sehingga daya saing pertanian, serta ekspornya naik. Kedua, kesiapan SDM pertanian, baik aparatur maupun pelaku.
"Kompetensi sumber daya manusianya dinaikkan, ini tugas Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (Badan PPSDMP), untuk itu Badan PPSDMP mengusulkan prodi baru di setiap STPP, seperti pengawasan mutu benih, bibit, pengawas mutu pakan, POPT dan perkarantinaan," kata Ato Suprapto kepada Sinar Tani.
Karantina lanjut Ato Suprapto adalah ujung tombak pertanian untuk menangkal masuknya hama dan penyakit dari luar negeri dan pulau lain. "Hama dan penyakit itu bisa masuk produk lainnya dan bisa menyebabkan serangan penyakit yang besar. Oleh karena itu diperlukan penangkalan hama penyakit tumbuhan karantina dari negara lain," tuturnya. Dia menyontohkan jeruk garut hancur karena masuknya penyakit dari luar.
Ato Suprapto menambahkan pembukaan prodi baru ini adalah untuk pendidikan kedinasan diploma 2 dan 4, sehingga semua biayanya ditanggung negara. Kementan meminta agar mahasiswa dapat meningkatkan kedisiplinan, karena akan ditempatkan di daerah daerah perbatasan. Mereka juga diminta menggunakan pakaian seragam.
(Untuk  berlangganan Tabloid SINAR TANI. SMS ke : 081584414991) = EDISI No. 3426

Motto BPTU Sembawa:"Bibit Unggul Peternak Makmur"

Pembukaan Padang Penggembalaan(Lelang Ulang)

Informasi Lelang Kode Lelang 2903212 Nama Lelang Pembukaan Padang Penggembalaan (Lelang Ulang) Alasan Pembatalan tidak...