Selasa, 20 Desember 2011

Gebyar Pedet Hasil Inseminasi Buatan di Madura

Melalui Inseminasi Buatan (IB), pemerintah menargetkan pada 2014 Indonesia mampu menyediakan kebutuhan daging sapi untuk masyarakat kita paling tidak 90 persen dari ternak lokal.
Bertepatan dengan acara Gebyar Pedet Hasil Inseminasi Buatan di Madura, Kasubdit Ternak Potong Direktorat Budidaya Ternak Ruminansia, Ir. Wignyo Sadwoko, MM, menyampaikan tujuan dilakukannya IB adalah untuk membantu mensukseskan program pemerintah, yaitu tercapainya swasembada daging tahun 2014.
Inseminasi buatan merupakan cara pembibitan dengan cara memasukkan sperma/semen sapi jantan yang telah dibekukan ke dalam alat kelamin hewan betina dengan menggunakan alat inseminasi.
"Program IB ini bertujuan dalam rangka mempercepat pertambahan populasi melalui jumlah kelahiran, sekaligus juga melakukan perbaikan kualitas produktivitas dari sapi-sapi lokal kita. Karena dengan melalui teknologi IB ini, kita akan mampu meningkatkan kualitas ternak-ternak kita yang saat ini lebih banyak terjadi penurunan kualitas karena terjadinya kawin sedarah," ungkap Wignyo.
Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Ir. Suparwoko Adisoemarto, MM menuturkan bahwa untuk mewujudkan IB, gubernur Jawa Timur telah melakukan berbagai cara untuk mensosialisasikannya. Mulai dari mengadakan rapat-rapat di kalangan dinas, mengundang dewan pers, hingga mengadakan ternak kontes regional seperti Gebyar Pedet Hasil Inseminasi Buatan ini.
Hal ini ditegaskan oleh Kepala Unit Kerja Pelaksana Teknis Inseminasi Buatan Jawa Timur, Ir.  M. Tjahjono, bahwa Gebyar Pedet Hasil Inseminasi Buatan di Madura ini diikuti oleh 100 ekor sapi, baik IB murni sapi madura maupun persilangan. sumber http://www.sinartani.com

Motto BPTU Sembawa:"Bibit Unggul Peternak Makmur"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR

Pembukaan Padang Penggembalaan(Lelang Ulang)

Informasi Lelang Kode Lelang 2903212 Nama Lelang Pembukaan Padang Penggembalaan (Lelang Ulang) Alasan Pembatalan tidak...