Kamis, 20 Februari 2014

Kriteria Ayam Kampung Asli Siap Jual

Ternakayamkampung.com - Musim penghujan masih belum berlalu namun permintaan daging ayam pun terus berdatangan. Seperti masa suram peternak biasanya di bulan Februari - April adalah masa sulit dalam penjualan. Dikarenakan sepinya pasokan daging dari peternak serta kebutuhan daging untuk bulan tersebut mengalami penurunan. Entah pengaruh musim penghujan mengakibatkan panen ternak mengalami kegagalan tinggi atau para peternak menerapkan strategi penjualan dengan menjual pada bulan Mei-Juli (masa liburan sekolah) atau karena sebab tertentu.Untuk itu kami ingin mengulas kategori ayam kampung asli siap panen siap jual atau siap dipasarkan.

1. Ayam Kampung Siap Panen
Banyak diantara member di facebook page kami bertanya "Bagaimana kriteria ayam siap jual?" rupanya banyak diantara peternak pelaku peluang usaha ternak ayam kampung pemula (sepeti saya) belum mengetahui dengan pasti ukuran ayam kampung untuk diambil dagingnya. Untuk itu berikut kriteria terbanyak dari peminat ayam kampung asli berdasarkan segmentasi pasar kami :
A. Restourant
Ukuran mulai 700 gr atau 7 ons (kondisi hidup). Biasanya setelah dipotong ayam akan mengalami penurunan berat karena diambil bulu serta dibersihkan bagian-bagian dalam seperti usus, ampla, dan bagian-bagian lain sehingga menjadi 0,5 kg utuh.

Ukuran 2 1200 gr atau 1,2 kg (kondisi hidup). Biasanya setelah dipotong ayam akan susut pula dengan pengurangan sekitar 200 gr atau 2 ons sehingga menjadi 1 kg utuh.

Kelas restourant biasanya lebih selektif dalam menerima hasil panen. Jadi biasanya para chef atau pihak manajemen meminta ukuran tepat serta seragam.

B. Hotel/Hostel
Melihat sangat beragamnya keinginan konsumen mulai dari lokal maupun internasional, rata2 menu yang dijasikan beragam. Tak terkecuali hotel yang menggunakan menu ayam kampung. Rata-rata menggunakan ayam dengan umur 5 bulan ke atas (dara) dengan estimasi hasil daging yaitu 1 kg (hanya daging/fillet). Untuk itu pemeliharaan berlangsung paling sedikitnya membutuhkan waktu 5-6 bulan. Konsumen kami seperti di edu hostel merupakan peminat dengan ukuran ayam seperti ini.

C. Rumah Makan
Memang kelas rumah makan tidak selalu meminta bobot serta ukuran seragam. Hanya mengandalkan utusan pemilik rumah makan untuk memilih kategori ayam siap potong. Biasanya rumah makan seperti ayam kampung goreng menerapkan sistem cakupan kedua tangan orang dewasa. Bila tidak menenuhi atau kurang biasanya tidak diambil. Namun apabila kelebihan sedikit tidak jadi masalah. Penerapan sistem cakupan tangan ini diterapkan oleh rumah makan Pak Parman. (Jl. Kaliurang km. 8.5 Yogyakarta)

D. Pengepul dan tengkulak ayam
Ukuran pengepul biasanya meminta kondisi hidup yaitu bobot antara 5 ons - 2 kg. Mereka biasanya mengumpulkan dari beberapa peternak kemudian mendistributorkan ke pedagang ayam atau pengepul lebih besar lagi.

E. Pengepul Genduri
Pengepul ayam genduri untuk daerah kami menyebutnya demikian karena ayam untuk "Slametan" yaitu upacara adat seperti untuk hajatan. Biasanya pengepul ini menampung pasangan pejantan dan betina. Yaitu bobot rata-rata 1 kg betina (minimal) serta pejantan 1,5 kg (minimal). Di tingkat pengepul genduri ayam kampung sepasang bisa dihargai Rp. 150.000,- hingga Rp. 200.000,- tergantung besar kecilnya ayam.

F. Ibu Rumah Tangga
Untuk konsumsi rumah tangga biasanya mereka tidak menginginkan ayam utuh. Mereka biasanya meminta paha, dada, ataupun kepala ayam serta kaki terpisah. Dengan berdasarkan keinginan tersebut biasanya ayam yang dipakai adalah 1 kg baik pejantan maupun betina.

2. Telur ayam kampung
Untuk telur memang tidak seribet urusan daging ayam kampung. Namun ada beberapa konsumen menerapkan sistem kuantitas atau kualitas masing-masing. Seperti untuk jamu menerapkan sistem kiloan, dengan butiran telur lebih kecil. Dengan asumsi mendapatkan jumlah telur lebih banyak. Sementara untuk konsumen seperti kue menginginkan telur dengan butiran besar dengan alasan roti lebih mengembang. Serta banyak lagi keinginan telur ayam kampung asli siap jual ini.

3. Umur
Kami rasa belum ada konsumen dengan minat menginginkan ayam atau telur dengan umur tertentu. Kalaupun ada mungkin karena ingin diternakkan kembali oleh pembeli tersebut. Untuk mengetahui umur ayam siap panen, berikut kriteria ayam siap menghasilkan ternak berkualitas.
a. Umur untuk mencapai bobot 1 kg biasanya membutuhkan waktu paling cepat 3 bulan. Ada ayam kampung asli dengan waktu 2,5 bulan bisa mencapai berat seperti di atas. Dengan catatan menggunakan bibit unggul berkualitas seperti ayam kampung KUB dari Balitnak (Balai Penelitian Ternak Bogor)
b. Umur waktu tercepat ayam kampung asli bertelur yakni 20 minggu yaitu rata-rata dengan umur 5 bulanan. Tentu pula jika pemeliharaan sudah terprogram dan termanajemen dengan baik.

4. Tips
Kami rasa anda telah paham tentang beberapa kriteria ayam siap panen seperti uraian di atas. Jadi pastikan untuk segmentasi pasar terlebih dahulu untuk lebih detailnya tentang kebutuhan akan ayam kampung asli ini. Seperti kita tahu bahwa ayam kampung bukan alasan ayam kampung asli tidak laku di pasaran melainkan kita tidak tahu dengan cermat apa saja yang harus kita sajikan kepada konsumen. Jangan sampai salah langkah untuk memilih sektor peternakan. Penataan peternakan dimulai dari segmentasi pasar tersebut. Itulah tips dari kami semoga bermanfaat. Salam sukses ya!
- See more at: http://www.ternakayamkampung.com/2013/03/kriteria-ayam-kampung-asli-siap-jual.html#sthash.41i6Q3LU.dpuf

Motto BPTU Sembawa:"Bibit Unggul Peternak Makmur"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN KOMENTAR

Pembukaan Padang Penggembalaan(Lelang Ulang)

Informasi Lelang Kode Lelang 2903212 Nama Lelang Pembukaan Padang Penggembalaan (Lelang Ulang) Alasan Pembatalan tidak...